Goa Selarong

Goa Selarong terletak di Dusun Kembang Putihan, Guwosari, Pajangan, Bantul, Yogyakarta. Goa ini terletak di atas bukit berbatu. Tentunya goa ini tidak lepas dari sejarah Pangeran Diponegoro, yang saat itu menjadi tempat tinggal Pangeran Diponegoro setelah rumahnya di Tegalrejo diserang dan di bakar habis oleh Belanda.

Sebelumnya kita akan dikenakan biaya retribusi sebesar Rp3.000 per orang untuk dewasa. Ketika kita masuk, di area parkir kita akan disuguhi sebuah patung Pangeran Diponegoro serta peta area Goa Slarong.



Sekarang Goa Selarong menjadi tempat obyek wisata. Pemandangan alam yang indah dan sekaligus dapat mengingatkan kita tentang sejarah perjuangan masa lampau. Untuk sampai ke goa, kita harus menaiki anak tangga yang cukup banyak dan melelahkan. Di atas terdapat dua goa, yaitu Goa Kakung dan Goa Putri.






 Goa Selarong sudah dilengkapi dengan area bermain anak. Biasanya banyak keluarga-keluarga yang berwisata di goa ini. Namun sayang sekali, ada orang yang tidak bertanggung jawab merusak tempat ini.

Seharusnya kebersihan dan keamanan di Goa Selarong  ini ditingkatkan lagi. Sayang, jika tempat yang mempunyai nilai budaya tinggi ini hanya di lupakan dan malah di jadikan tempat untuk berzina.


Sekian tulisan dari saya. Maaf jika ada kata yang tidak berkenan di hati pembaca sekalian.  


Share this:

CONVERSATION

0 komentar:

Posting Komentar